Tuesday, March 5, 2019

Blender : Operasi Scale untuk Mengubah Ukuran Objek Sesuai Keinginan




Tools scale digunakan untuk mengubah ukuran objek pada blander dengan shortcut S atau dengan menggunakan menu Transform->Scale.  Dengan menekan S dan menggerakkan mouse maka keatas maka ukuran mengecil dan gerakan kebawah membuat ukuran membesar secara proporsional.


Untuk membatasi scale dapat menggunakan tombol X, Y atau Z agar scale hanya bergerak berdasarkan sumbu tersebut.
Contoh kita menekan S + X maka sumbu X akan aktif dan ukuran yang dapat diubah hanya berdasarkan simbu X.

Contoh kita menekan S + Y maka sumbu Y akan aktif dan ukuran yang dapat diubah hanya berdasarkan simbu Y.

Contoh kita menekan S + Z maka sumbu Z akan aktif dan ukuran yang dapat diubah hanya berdasarkan simbu Z.

Jika kita ingin mengubah dengan arah bebas maka menggunakan S+Mouse Tengah kemudian Tarik kearah yang diinginkan. Namun perubahan akan tetap sesuai dengan sumbu yang lebih dekat apakah X,Y atau Z


Scale dengan Kelipatan 0.1
Saat kita menggunakan S dan menggeser mouse maka perubahan ukuran besar atau kecil dengan 4 digit dibelakang koma. Namun jika kita inginkan perubahan dengan kelipatan 0.1 maka tekan S, kemudian Ctrl+geser mouse.



Mengubah Ukuran berdasarkan factor skala tertentu
Untuk mengubah nilai dengan faktor pensekalaan. Misalanya untuk mengubah ukuran 2 kali lipat dengan mengalikan 2. Atau ukuran menjadi setengahnya maka ukuran x 0.5. untuk menambahkan fakto pengali skala adalah dengan menambah nilai faktor setelah menekan shortcut S. misalkan S+2 untuk ukuran 2 kali lipat. S+3 untuk ukuran 3 kali lipat. S+0.5 untuk ukuran setengah kali lipat. Untuk pensekalaan berdasarkan sumbu maka S+Sumbu+faktor misalkan S+Y+2

Mengembalikan Ukuran Semula
Untuk mengembalikan ukuran objek keukuran bentuk semula adalah dengan Alt+S

Tranformasi Scale menggunakan Scale Manipulator



Dengan menggunakan manipulator maka sumbu X,Y dan Z akan aktif. Dan kita dapat memilih scale berdasarkan sumbu yang kita tarik. Untuk scale berdasarkan 2 sumbu sekaligus dapat memilih menggunakan Sift dan memilih sumbunya. Dan pastikan sift tidak dilepas saat drag mouse. Berikut contoh manipulator dengan sumbu X dan Z sekaligus.

Semoga Bermanfaat

Baca Juga: 

No comments:

Post a Comment