Tuesday, February 26, 2019

Mengenal Face dan Verticies : Membuat Logo Blender



 Objek atau mesh memiliki 3 bagian dasar yaitu faces, verticies dan edges, Face merupakan bagian sisi luar dari sebuah objek atau mesh,verticies adalah titik  pada sebuah mesh dan  Edge adalah garis yang menghubungkan antar titik. Kali ini kita berfokus untuk mengenali bagian-bagian ini dengan membuat logo blender:

Langkah-Langkah Pembuatan Logo Blender
1.       Persiapkan Logo Blender dan simpan pada folder kerja anda

2.       Buka aplikasi Blender dan hapus mash kubus
3.       Buka menu transform dengan menekan “N” pada keyboar
4.       Centrang background image dan pilih add image + Open


5.       Cari file gambar tersebut.
6.       Tekan 7 dan 5 untuk memindahkan view lembar kerja pada mode Top Ortho sehingga akan tampil seperti berikut:

Perhatikan kita akan bekerja pada sumbu X dan Y.. sedangkan sumbu Z tidak aktif. Sehingga kita bias menggambar dengan sumbu Z yang tetap dan tidak naik-turun.

7.       Tambah mash plane dengan menekan tombol sift+A dan tambah plane

8.       Pindah Ke Edit Mode untuk mengedit Plane, lalu hapus satu titik dan sisakan 3 titik


9.       Grab (G keyboard) titik-titik tersebut pada posisi pinggir logo

10.   Ikuti seluruh tepi dari logo dengan menambah titik menggunakan extrude (E pada keyboard)

11.   Satukan kedua ujung dari mesh dengan memilih keduanya (Menggunakan shift) lalu ketan “F”



12.   Tambah circle untuk membuat bagian dalam logo
13.   Lalu pilih semua titik lalu tekan “Alt+F” untuk menambah face bagian fill

                                            jika gagal ikuti langkah 18

14.   Tekan Ctrl+F dan pilih tris-to-quads untuk menguabah segitiga menjadi lebih halus

15.   Exrude untuk menebalkan logo
16.   Tambah bagian tengah dengan circle
17.   Selesai

Jika gagal:

18.   Pilih semua titik dengan tekan “A”, Duplikasi bentuk dengan “D” dan kecilkan dengan scale “S”

19.   Susun hasil duplikasi menjadi bentuk lingkaran dengan “G”. kita tidak menambah objek lingkaran tidak menggunan circle karena titik objek bagian luar harus sama dengan bagian dalam agar dapat ditambah face.

No comments:

Post a Comment